Mutable dan Immutable


Sekilas tentang Mutable dan Immutable pada Bahasa Pemrograman

Written by Achmad Rizal Muttaqin on Wednesday January 18, 2017
- Comments
Achmad Rizal Muttaqin

Para pembaca yang budiman,kali ini saya akan share sedikit informasi mengenai istilah Mutable dan Immutable pada bahasa pemrograman. Mutable dan Immutable pada bahasa pemrograman disandarkan pada objek dimana immutable object merupakan objek yang state atau nilainya tidak dapat diubah setelah objek tersebut dibuat,sedangkan mutable object merupakan objek yang state atau nilainya dapat diubah setelah objek tersebut dibuat.

Pada prakteknya,immutability pada variabel seringkali digunakan pada sistem multi-threaded. Hal ini dikarenakan jika suatu objek dishare pada beberapa thread sementara objek tersebut bersifat mutable,maka jika terjadi pengubahan state atau nilai dari objek tersebut pada satu thread,maka thread yang lain juga akan dapat melihat perubahan yang terjadi. Jika ini adalah kasus yang tidak diinginkan,maka objek yang bersifat immutable akan berguna karena state atau nilai dari objek tersebut adalah sama di setiap thread yang ada.

Pada beberapa bahasa pemrograman,variabel ada yang bersifat immutable by default,artinya variabel adalah bersifat immutable saat pertama kali dideklarasikan. Contoh pada bahasa pemrograman Rust untuk setiap deklarasi variabel adalah immutable kecuali dideklarasikan sebagai mutable yaitu dengan menambahkan keyword mut pada saat deklarasi.


// Kode Program
// Bahasa Pemrograman Rust
let foo = 5; // immutable
let mut bar = 5; // mutable

Program 1

Adapun pada beberapa bahasa pemrograman yang lain, variabel bersifat mutable, kecuali dideklarasikan sebagai immutable. Contohnya adalah pada bahasa pemrograman C, yaitu dengan menambahkan keyword const pada saat deklarasi.


// Kode Program
// Bahasa Pemrograman C
int foo = 5; // mutable
const int bar = 7; // immutable

Program 2

Semoga bermanfaat

comments powered by Disqus

— Copyright © 2017 PT. Comestoarra Bentarra Noesantarra —