Realtime System


Sekilas tentang Realtime System

Written by Achmad Rizal Muttaqin on Tuesday January 17, 2017
- Comments
Achmad Rizal Muttaqin

Para pembaca yang budiman, kali ini saya akan share sedikit informasi mengenai istilah Hard Realtime System pada ilmu komputer. Realtime System merupakan suatu sistem yang berjalan pada suatu real-time constraint yakni sistem harus dapat menjamin agar dapat memberikan respon atau feedback secara langsung dalam satu waktu tertentu atau deadline tanpa adanya delay yang signifikan.

Seperti yang sudah pembaca ketahui,realtime system dapat dikategorikan menjadi 3 macam berdasarkan konsekuensinya saat system tidak mencapai deadline, yaitu

  1. Hard Realtime System, jika kegagalan mencapai deadline terjadi meskipun hanya sekali, maka sistem dianggap gagal. Hal ini dapat terjadi dikarenakan jika sistem terlambat untuk merespon dapat menyebabkan kerugian yang massal atau mungkin membahayakan nyawa manusia. Hard Realtime System umumnya ditemukan pada implementasi interaksi pada level hardware secara fisik. Contoh dari sistem ini adalah sistem mesin mobil, karena jika terjadi satu kegagalan saja maka akan berakibat fatal pada mesin dan dapat mengancam nyawa pengguna mobil. Contoh lain juga dapat ditemukan pada sistem nuklir, aplikasi bidang medis, aplikasi bidang pertahanan, atau juga aplikasi bidang penerbangan.
  2. Firm Realtime System, sistem yang jika terjadi beberapa kegagalan mencapai deadline masih dapat ditoleransi dan dapat mengurangi kualitas dari sistem serta fungsinya akan hilang. Contoh dari sistem ini adalah sistem ramalan cuaca dimana misalkan sistem meramalkan akan terjadi hujan pada pukul xx:xx dan hujan tidak terjadi melainkan setelah waktu yang diramalkan maka sistem dikatakan telah berhasil. Adapun jika hujan terjadi sebelum waktu yang diramalkan maka sistem akan dianggap memiliki kualitas rendah dan kegunaan dari informasi tersebut akan hilang (ramalan yang diinformasikan setelah atau saat suatu event terjadi adalah tidak berguna). Namun konsekuensi yang terjadi relatif tidak fatal dibandingkan pada hard realtime sistem.
  3. Soft Realtime System, kegagalan mencapai deadline akan mengurangi kualitas dari sistem namun sistem tidak dianggap gagal. Contoh dari sistem ini yaitu pemutar musik atau video. Pemutar memiliki suatu ukuran atau deadline semisal jumlah frame atau per satuan waktu tertentu. Sistem akan dikatakan berhasil jika mampu memproses data dalam deadline tersebut, namun kualitas dari sistem akan semakin berkurang seiring dengan berkurangnya kemampuan untuk memproses data sesuai dengan deadline tersebut (kualitas suara jelek atau pemutaran video terputus-putus).
comments powered by Disqus

— Copyright © 2017 PT. Comestoarra Bentarra Noesantarra —