Rust


Rust (Safe, Speed, and Concurrency)

Written by Achmad Rizal Muttaqin on Wednesday January 18, 2017
- Comments
Achmad Rizal Muttaqin

Para pembaca yang budiman,kali ini saya akan share sedikit informasi mengenai Rust Programming Language. Rust merupakan bahasa pemrograman yang berawal dari proyek pribadi dari tim Mozilla,Graydon Hoare. Rust kemudian mulai disponsori oleh Mozilla pada tahun 2009 dan diumumkan pada tahun 2010. Rust memiliki slogan/ jargon, yaitu speed, safety, and concurrency.

Tujuan dari bahasa pemrograman Rust adalah untuk membuat sistem dengan konkurensi dan keamanan yang tinggi serta dengan performa yang tinggi. Syntax pada basaha pemrograman Rust mirip dengan bahasa pemrograman C dan C++, dengan kode program dibatasi dengan kurung kurawal (curly brackets {}) dan juga kontrol flow seperti if, else, while, dan for. Bahasa pemrograman Rust didesain aman dalam manajemen memori, yaitu tidak mengizinkan adanya null pointer atau dangling pointer. Semua data adalah harus memiliki inisialisasi nilai. Hal ini dilakukan dengan mendeklarasikan variabel menggunakan keyword let, dan jika suatu variabel dideklarasikan tanpa ada nilai awal (initial value), maka pada bahasa pemrograman Rust akan mengakibatkan compile time error. Untuk object, pada bahasa pemrograman Rust dilakukan dengan fitur implementation (menggunakan keyword impl), traits, dan structured types

Seperti umumnya bahasa pemrograman, bahasa pemrograman Rust juga memiliki programming book atau dokumentasi yang dapat diakses pada link berikut ini. Semoga bermanfaat.

https://doc.rust-lang.org/
comments powered by Disqus

— Copyright © 2017 PT. Comestoarra Bentarra Noesantarra —